Penyebab Hipertensi

By | July 1, 2018

Penyebab Hipertensi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi bukanlah termasuk ke dalam penyakit yang asing karena penyakit yang satu ini hampir semua orang mengetahuinya bahkan pernah mengalaminya. 

Berikut ini disini kami akan memberikan anda informasi seputar penyebab hipertensi, maka untuk itu silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Hipertensi

Hipertensi bisa terjadi akibat adanya tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat atau kondisi seperti ini sering di kenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang sekali menimbulkan gejala yang serius.

Faktor Penyebab Hipertensi

Meskipun penyebab hipertensi belum di ketahui secara pasti akan tetapi, 90 persen kasus di sebabkan oleh seiring bertambahnya usia, maka kemungkinan besar akan berisiko tinggi terkena hipertensi.Namun anda juga perlu mengetahui beberapa faktor pemicu penyakit hipertensi antara lain :

  1. Faktor Keturunan

Tidak hanya warna kulit, ciri fizkal atau sifat yang biasanya di warisi dari orang tua.Namun, ternyata penyakit yang satu ini boleh di warisi yaitu penyakit hipertensi.Apabila anda anggota keluarga yang mengalami tekanan darah tinggi, maka kemungkinan besar bisa berisiko tinggi terkena penyakit tersebut.

  1. Gender

Biasanya hingga usia 45 tahun, pria lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi, karena di usia 45-64 tahun baik itu pria maupun wanita akan memiliki tingkat resiko yang sama.Namun, di atas usia tersebut justru wanita akan sangat berisiko sekali.

  1. Pola Makan

Jika anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori, lemak dan gula, kini anda saatnya mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut supaya bisa mengurangi risiko terkena penyakit hipertensi.

  1. Stress

Stress bisa meningkatkan tekanan darah sewaktu, karena hormon adrenalin akan meningkat sewaktu kita stres dan bisa mengakibatkan jantung mengepam darah lebih cepat sehingga bisa menimbulkan tekanan darah tinggi.

  1. Akibat Mengkonsumsi Minuman Yang Mengandung Alkohol

Dengan mengkonsumsi minuman tersebut bisa meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.Trigliserida sendiri merupakan kolesterol yang tidak baik karena berpotensi bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

  1. Adanya Penyakit Yang Lain

Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa adanya gangguan kondisi kesehatan seperti apnea tidur bisa menimbulkan tekanan darah tinggi. Simak juga : Hipertensi Dapat Menyebabkan Stroke

  1. Berat Badan Berlebih

BMI (Indeks Masaa Tubuh) bisa menjadi salah satu ukuran risiko, apabila BMI anda 25 hingga 30 atau bisa lebih maka anda bisa dikatakan kelebihan berat badan dan sangat berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Solusi Pencegahan Hipertensi 

Hal yang perlu di lakukan bagi penderita hipertensi, guna untuk mengontrol tekanan darah dan supaya penyakit hipertensi tidak berkembang semakin parah sebaiknya anda perlu melakukan beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Konsumsilah makanan yang sehat
  • Jangan mengkonsumsi garam dan kafein secara berlebihan
  • Berhenti merokok
  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Perlu menurunkan berat badan apabila berlebihan
  • Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Konsumsi Obat Herbal Hipertensi

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya & telah menyimak artikel ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *