Pantangan Makanan Bagi Penderita Hipertensi Yang Harus Dihindari

By | November 1, 2017

Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan pada anda beberapa pantangan makanan bagi penderita hipertensi yang harus dihindari, guna untuk mencegah timbulnya hal buruk yang mungkin terjadi.Silakan di simak informasinya !

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah besih) mengalami peningkatan.

Hipertensi ini tergolong suatu kondisi kronis dan dikatakan sebagai pembunuh diam-diam, karena sangat jarang memiliki gejala yang jelas.

Dengan meningkatnya tekanan darah, maka akan menyebabkan kinerja jantung menjadi lebih cepat dari normal, sehingga tak jarang penderita darah tinggi mengalami serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Hipertensi Yang Harus DihindariPantangan Makanan Bagi Penderita Hipertensi Yang Harus Dihindari >> Ada baiknya, bagi anda yang sudah terlanjur menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Karena pada dasarnya banyak makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari dapat menimbulkan tekanan darah menjadi naik dan semakin meningkat.Simak penjelasan mengenai pantangan makanan hipertensi berikut ini :

  • Makanan Olahan

Semua jenis makanan yang berasal dari daging olahan sangat tidak baik atau tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita darah tinggi seperti makanan kalengan, sosis, hamburger, dan dendeng.

  • Makanan Yang Berkadar Lemak Jenuh

Pantangan hipertensi selanjutnya adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan apa saja yang mengandung kadar lemah jenuh seperti otak, ginjal, paru, minyak kelapa, gajih.

  • Makanan Yang Di Olah Dengan Garam Natrium

Penderita hipertensi atau darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi makanan olahan yang diproses dengan menggunakan garam natrium, karena akan berdampak buruk pada tekanan darah anda.Bagi anda penderita darah tinggi, hindarilah makanan (seperti biskuit, cracker, keripik dan makanan asin yang lainnya).

  • Makanan Dan Minuman Didalam Kaleng

Seperti Sarden, kornet, sayuran serta buah-buahan dalam kaleng dan soft drink.

  • Alkohol Dan Makanan Yang Mengandung Alkohol

Seperti tape dan durian

  • Bumbu-Bumbu Dapur

Selain makanan dan minuman, penderita hipertensi atau darah tinggi juga harus menghindari bumbu dapur, seperti kecap, terasi, maggi, saus tomat, tauco serta bumbu penyedap lainnya.

Cara Mencegah Hipertensi

Untuk anda yang saat ini tengah menderita hipertensi, maka pantaulah dengan ketat sampai angka tersebut tutun dan bisa dikendalikan dengan baik.

Biasanya dokter akan menyarankan anda untuk melakukan perubahan gaya hidup yang termasuk ke dalam pengobatan untuk hipertensi sekaligus mencegahnya.Dan berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda terapkan guna untuk mencegah terjadinya hipertensi diantaranya :

  • Kurangi mengkonsumsi garam dan kafein
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Mengurangi konsumsi minuman keras
  • Berhenti merokok
  • Menurunkan berat badan, jika diperlukan
  • Berolahraga secara teratur

Mencegah hipertensi lebih mudah dan murah dibandingkan dengan pengobatan, karena itu pencegahan sebaiknya dilakukan seawal mungkin.Karena jika dibiarkan terlalu lama, hipertensu bisa memicu terjadinya komplikasi yang bahkan bisa mengancam jiwa pengidapnya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit hipertensi.Terimakasih atas kunjungannya, SEMOGA LEKAS SEMBUH !

Baca Juga :

by post : Obat Herbal Hipertensi Terbaik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *