Inilah 12 Makanan Penurun Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

By | December 27, 2017

Inilah 12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Inilah 12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi >> Hipertensi atau darah tinggi adalah jenis penyakit yang paling umum ditemukan dikalangan masyarakat yang biasanya menyerang seseorang dengan usia sekitar 40 tahun keatas, namun usia muda juga tidak menutup kemungkinan akan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi ditandai dengan terjadinya peningkatan pada tekanan darah yang biasanya si penderita mengalami pusing bahkan sampai pingsan, sakit kepala, kelelahan,  detak jantung yang cepat dan tidak teratur, rasa nyeri pada dada, gangguan penglihatan dan lainnya.

Inilah 12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Atau HipertensiMakanan Penurun Tekanan Darah Tinggi >> Penyebab atau gejala hipertensi bisa diobati dan dicegah dengan pola hidup yang baik dan pola makan yang sehat. Sehingga kita akan terhindar dari hal-hal yang buruk atau dampak serius akibat dari penyakit hipertensi.

Berikut Beberapa Makanan Yang Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi Anda Dengan Cepat.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat membantu dalam mengatasi tekanan darah tinggi.

  1. Bayam – Daun Bayam merupakan sumber serat yang tinggi dan kaya akan kalium, yang mampu mengurangi efek dari tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  2. Buncis – Buncis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh dan dapat menurunkan tingginya tekanan darah.
  3. Bawang Putih – Bawang putih ternyata telah terbukti mampu mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan mampu menahan efek yang ditimbulkan oleh tekanan darah tinggi didalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi.
  4. Kentang – Selain sumber karbohidrat, kentang juga kaya akan magnesium dan potassium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah didalam tubuh. Magnesium juga dapat diandalkan untuk melancarkan aliran darah.

Buah-Buahan

  1. Pisang – Buah pisang memiliki kandungan potassium dan kalium yang tinggi, yang mampu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi dan juga dipercaya sebagai makanan peninggi badan alami.
  2. Alpukat – Memiliki banyak nilai gizi, seperti vitamin C, E, Kalsium, dan serat, yang mampu membantu tubuh dalam mengatasi dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  3. Jeruk – Jeruk dikenal dengan kandungan vitaminnya yang tinggi, namun selain itu jeruk juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Segelas jus jeruk dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi anda.
  4. Mengkudu – Buah yang satu ini dikenal dengan bau nya yang tak sedap, namun dibalik itu Mengkudu dipercaya dan dikenal mampu mengobati berbagaim macam penyakit, salah satunya hipertensi.

Jenis Makanan Dan Minuman Lain

  1. Cokelat – Ternyata makanan yang banyak digemari ini memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa, yakni mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu diingat, hanya dengan mengkonsumsi cokelat pahit yang murni coklat asli akan menghasilkan efek yang lebih optimal untuk penderita hipertensi.
  2. Yoghurt – Yoghurt merupakan salah satu jenis minuman olahan susu. Selain kadar lemak yang rendah, yoghurt juga memiliki manfaat yang sama seperti susu pada umumnya, yakni magnesium, kalium dan kalsium yang cukup tinggi dan berguna mengatasi hipertensi.
  3. Roti gandum – Roti gandum adalah salah satu makanan hasil olahan gandum yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari dan dipercaya juga mampu mengatasi hipertensi.
  4. Minyak Zaitun – Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan tinggi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung dan juga dipercaya mampu menjaga tekanan darah anda.

Pencegahan Dan Pengobatan Hipertensi ( Darah Tinggi )

Jika tekanan darah anda tinggi, maka pantaulah dengan ketat sampai angka tersebut turun dan bisa dikendalikan dengan baik.

Biasanya dokter akan menyarankan perubahan pada gaya hidup yang termasuk dalam pengobatan untuk hipertensi sekaligus pencegahannya, dimana langkah tersebut bisa diterapkan melalui :

  • Berhenti merokok
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Mengurangi konsumsi garam dan kafein
  • Berolahraga secara teratur
  • Mengurangi konsumsi minuman keras
  • Menurunkan berat badan, jika diperlukan

Mencegah hipertensi lebih mudah dan murah dibandingkan dengan pengobatan.Karena itu, pencegahan sebaiknya dilakukan seawal mungkin.Jika dibiarkan terlalu lama, hipertensi bisa memicu terjadinya komplikasi yang bahkan bisa mengancam jiwa pengidapnya.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit yang anda derita saat ini.

Baca Juga :

by post : Obat Herbal Hipertensi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *