Benarkah Makan Telur Bebek Asin Terlalu Banyak Berisiko Hipertensi

By | December 6, 2017

Benarkah Makan Telur Bebek Asin Terlalu Banyak Berisiko Hipertensi – Di Indonesia telur bebek dijadikan sebagai telur asin, dimana telur ini sengaja diasinkan dengan cara direndam di dalam air garam.

Dimana bagian putih telur memiliki rasa asin yang tajam, sementara kuning telurnya berwarna agak oranye dan tidak terlalu memiliki rasa asin.

Benarkah Makan Telur Bebek Asin Terlalu Banyak Berisiko HipertensiMengkonsumsi makanan yang tinggi garam berarti mengkonsumsi makanan yang kaya akan natrium.Namun, menurut WHO atau Lembagata Kesehatan Dunia menyarankan asupan garam hanya 5 gram (setara dengan natrium 2.000 mg) per hari.

Maka jika anda mengkonsumsi garam di atas batas yang diperbolehkan bisa berkontribusi pada munculnya Tekanan darah tinggi (hipertensi) serta Meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Fungsi Natrium Dan Dampak Bagi Tubuh

Natrium adalah salah satu zat berupa elektrolit sekaligus mineral, dimana zat ini diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, menjaga kadar air di dalam dan di luar tubuh serta penujang kerja otot dan saraf.

Namun sebagian natrium terdapat pada darah dan cairan getah bening yakni sebanyak 85 persen, zat ini juga secara alami terdapat pada berbagai makanan ditemukan pada garam meja berupa natrium klorida dan pada baking soda berupa natrium bikarbonat.

Biasanya jarang sekali seseorang yang mengalami kekurangan natrium, kecuali bagi pengidap diare, kekurangan gizi dan gagal jantung.

Efek Dari Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan

Mengkonsumsi makanan yang rendah garambisa membantu anda menghindari kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi.Peningkatakan tekanan darah yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit jantung.

Fungsi utama jantung adalah memompa darah untuk mengalir melalui pembuluh darah.Daya tekan yang ditimbulkan ketika darah mengalir dan mendorong dinding pembuluh darah bisa di ukur dan dinamakan dengan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensu bisa memicu terjadinya penyakit berat lainnya seperti stroke, aterosklerosis, gagal ginjal dan gagal jantung bahkan sebuah studi ilmiah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi garam secara berlebihan mempunyai risiko lebih tinggi untuk mati oleh karena serangan jantung.

Telur Bebek Mengandung Tinggi Natrium

Makanan yang mengandung natrium yang tinggi berarti mengandung garam dengan kadar yang tinggi, biasanya terdapat pada makanan yang siap saji dan makanan olahan atau kemasan seperti telur bebek asin atau telur asin.

Berarti mengkonsumsi telur bebek yang sudah diasinkan berisiko menganggu kesehatan salah satunya bisa menimbulkan tekanan darah tinggi atau hipertensui.

Tips Mengurangi Konsumsi Tinggi Natrium

Salah satu tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi konsumsi tinggi kalsium adalah dengan mengubah pola makan seperti :

  • Pilihlah makanan yang berlabel rendah natrium
  • Jika anda menggunakan pengganti garam untuk memberi rasa asin pada masakan, efek tetap dianggap sama
  • Gunakan bumbu dari bahan-bahan alami atau rempah-rempah
  • Konsumsi makanan segar lebih banyak
  • Bila anda memasak makanan sendiri, usahakan untuk mengurangi pemberian garam
  • Batasi penggunaan bumbu tambahan seperti saus dan kecap

Telur bebek asin atau telur asin memang nikmat untuk disajikan sebagai tambahan lauk, namun anda tetap harus menghindari mengkonsumsinya terlalu berlebih karena bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit hipertensi.Terimakasih atas kunjungannya !

Baca Juga :

by post : Obat Herbal Hipertensi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *