Bahaya Garam Bagi Penderita Hipertensi

By | March 6, 2018

Bahaya Garam Bagi Penderita Hipertensi – Saat ini banyak sekali orang yang tidak terlalu memperdulikan dampak negatif dari asupan garam yang berlebih, salah satu dampaknya adalah bisa meningkatkan resiko untuk menderita hipertensi.

Bahaya Garam Bagi Penderita Hipertensi

Maka untuk itu bagi anda yang saat ini tengah menderita hipertensi sebaiknya kurangi asupan garam, guna untuk mengurangi dampak negatif garam pada tubuh.

Hipertensi ???

Dalam istilah medis hipertensi disebit dengan tekanan darah tinggi, penyakit ini cenderung dialami oleh para orang dewasa yang sudah berada di usia 40 tahun ke atas memang merupakan penyakit serius.

Dimana salah satu penyebab dari penyakit darah tinggi tersebut adalah kadar kolesterol yang tinggi pada darah.Para perokok aktif pun tak luput dari serangan hipertensi karena di dalam rokok ada kandungan nikotin.

Kelenjar adrenal pun akan terstimulasi oleh nikotin ini sehingga akhirnya terjadi peningkatan sekresi adrenalin.Selain itu, hipertensi juga bisa diakibatkan oleh banyaknya mengkonsumsi garam yang berlebihan.

Sebenarnya, garam bukanlah penyebab dari meningkatnya tekanan darah.Namun, garam merupakan gabungan dari senyawa natrium (Na) dan Klorida (CI).Kandungan natrium di dalam garam itulah yang menyebabkan kenaikan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Bahaya Garam Bagi Penderita Hipertensi

Berikut ini adalah beberapa bahaya asupan garam yang berlebihan bagi penderita hipertensi yang harus diketahui diantaranya :

(1) Kandungan natrium yang berlebihan di dalam darah juga akan menyebabkan kerusakan dinding pembuluh darah, dimana dinding pembuluh darah yang mengalami pengelupasan akan mengakibatkan penyumbatan yang berakibat pada gangguan kardiovaskuler.

(2) Asupan garam perhari setiap orang tidak boleh lebih dari satu sendok teh atau 6 gram garam atau lebih tepatnya 2.300 mg natrium.

(3) Natrium yang berlebih di dalam tubu akan diikat oleh ginjal, karena jumlah natrium yang terlalu banyak akan menyebabka rasa haus sehingga membuat seseorang banyak mengkonsumsi cairan.

Akibatnya, volume darah juga akan mengalami peningkatan.Namun, volume darah yang meningkat tersebut tidak diimbangi dengan kapasitas pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan.

(4) Asupan garam sebanyak setengah sendok teh mampu meningkatkan tekanan sistolik sebesar 5 poin dan tekanan diastolik sebesar 3 poin.

(5) Jika penderita hipertensi tidak memperhatikan asupan garam setiap harinya, tentunya hal ini tekanan darah akan mengalami peningkatan.

Itulah sebabnya seseorang yang menderita hipertensi sebaiknya mengontrol asupan garam setiap harinya, karena kandungan natrium di dalam garam akan meningkatkan volume dan juga tekanan darah.

Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, maka anda harus menghindari berbagai makanan yang mengandung bahan penyedap (monosodium glutamat/MSG).MSG sendiri adalah penyedap yang terbukti mampu meningkatkan kadar natrium di dalam tubuh.

Selain harus menjaga dan mengontrol asupan garam tidak hanya penting bagi penderita hipertensi saja, namun seseorang yang memiliki tubuh sehat juga harus mengontrol asupan garam jika tidak ingin berisiko terkena berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya seperti :

  • Penyakit stroke
  • Resitensi cairan
  • Gangguan kardiovaskuler
  • Pembengkakan jantung
  • Osteoporosis
  • Permalasahan dalam sistem pencernaan

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.Terimakasih atas kunjungannya !

Baca Juga :

by post : Obat Herbal Hipertensi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *