Akibat Hipertensi Tidak Terkontrol

By | May 27, 2018

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa hipertensi merupakan penyakit yang biasa, namun jika biarkan begitu saja bisa mengakibatkan bahaya akibat hipertensi tidak terkontrol.

Akibat Hipertensi Tidak Terkontrol Padahal, penyakit hipertensi jika tidak terkontrol bisa membahayakan berbagai bagian organ tubuh terutama yang terkait dengan pembuluh darah bahkan penyakit yang satu ini bisa menimbulkan kematian.Ternyata, penyakit ini rentan berkembang dan bisa memicu berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, gagal ginjal dan stroke.

Akibat Hipertensi Tidak Terkontrol

Hipertensi sendiri merupakan salah satu kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri ( pembuluh darah bersih ) mengalami peningkatan secara drastis.Yang mana kondisi ini di kenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang menimbulkan gejala yang jelas.

Mesikipun penyebab hipertensi belum di ketahui secara pasti, namun seiring bertambahnya usia menjadi sala satu penyebab yang bisa meningkatkan seseorang berisiko mengalami penyakit hipertensi.Selain itu ada juga beberapa faktor pemicu terjadinya hipertensi diantaranya :

  • Berusia di atas 65 tahun ke atas.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam.
  • Memiliki berat badan berlebih.
  • Faktor keturunan atau genetik.
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayuran.
  • Jarang melakukan olahraga.
  • Terlalu banyak minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein.
  • Sering mengkonsumsi minuman keras.

Penderita hipertensi di sarankan harus mengetahui Bahaya Akibat Hipertensi tidak Terkontrol, supaya penderita bisa termotivasi untuk menghindari komplikasi yang bisa timbul apabila penyakit ini tidak terkontrol.Inilah ada beberapa bahaya yang sering timbul jika hipertensi tidak terkontrol antara lain :

  • Kerusakan Pada Pembuluh Darah Arteri

Arteri merupakan pembuluh darah yang membawa nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh, yang mana normalnya fleksibel dan elastis.Apabila hipertensi tidak terkontrol, maka akan terjadi kerusakan atau penyempitan arteri yang sering di sebut dengan arteriosklerosis dan aterosklerosis.

  • Kerusakan Pada Jantung

Jika hipertensi tidak terkontrol maka bisa menyebabkan kerusakan arteri jantung sehingga aliran darah menjadi tidak lancar menuju jantung dan bisa menyebabkan jantung bekerja lebih keras.Meskipun kerusakan yang satu ini jarang menimbulkan gejala namun, bisa berakiibat fatal.

  • Kerusakan Pada Otak

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang membutuhkan supali oksigen dan nutrisi sehingga bisa bekerja secara efektif.Akan tetapi, hipertensi yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, hal tersebut sering terjadi akibat penyakit stroke.

  • Terjadi Kerusakan Pada Ginjal

Apabila hipertensi anda tidak terkontrol maka bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal sehingga ginjal tidak bisa berfungsi secara efekif dan bisa mengakibatkan gagal ginjal.

  • Kerusakan Pada Mata

Pambuluh darah mata juga bisa rusak akibat hipertensi yang tidak terkontrol sehingga suplai oksigen dan nutrisi tidak sampai dengan baik ke retinamata.Apabila hal tersebut di biarakan terus menerus, maka penglihatan anda bisa menurun hingga bisa menimbulkan kebutaan.

  • Disfungsi Seksual

Pada pria hipertensi yang tidak terkontrol bisa menimbulkan ereksi di karenakan terjadinya aterosklerosis pada pembuluh darah penis sedangkan pada wanita bisa terjadi penurunan aliran darah ke vagina yang tentunya bisa berakibat terganggunya kehidupan seksual.

Itulah beberapa bahaya jika hipertensi tidak terkjontrol.Jika ingin terhindar dari beberapa bahaya seperti di atas anda perlu melakukan pengobatan secara cepat dan tepat.

( Baca : Penyebab Pemicu Terjadinya Hipertensi )

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda. Terimkasih atas kunjungannya & SEMOGA LEKAS SEMBUH !

post by : Obat Herbal Hipertensi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *